Program Kerja BEM FIP


[ UPACARA PEMBUKAAN RAKER DAN UP GRADING ]
Upacara pembukaan Raker dan Upgrading dengan tema "Mewujudkan Pengurus Bersingergis dan Berloyalitas Tinggi Terhadap Organisasi". Dibuka oleh Bapak Wakil Dekan II Dr. M. Kristanto, M.Pd. Serta dihadiri oleh tamu undangan dari 3 lembaga tinggi ( Bem U, LKM, dan DPM)  3 Hima di lingkungan FIP (Hima PGSD,  Hima PG PAUD,  dan Hima BK) 2 kelompok Mahasiswa ( Keprotokolan FIP dan Omah Sketsa)  Selanjutnya di lanjutkan dengan acara pemaparan program kerja Bem FIP untuk  periode 2018/2019 yang di bimbing oleh MPO dan alumni Bem FIP.
Serangkaian acara dari Raker dan Up Grading selanjutnya adalah sharing bersama alumni,  acara ini disebut dengan RAGA FIP yaitu Ruang Keluarga FIP,  dalam acara ini kami keluarga besar Bem FIP Kabinet Aksara berkenalan langsung dengan Alumni-alumni terdahulu dari Bem FIP,  selanjutnya kami sharing bersama alumni mengenai pengalaman para alumni di Bem FIP,  kami juga diberikan motivasi oleh para alumni.
Acara selanjutnya dari raker dan Up Grading yaitu materi mengenai Kepemimpinan dan Keorganisasian.
Materi 1 Kepemimpinan➡ oleh Bapak Joko Sulianto,  S. Pd., M.Pd ( Kaprodi PGSD)
Materi 2 Keorganisasian ➡ oleh Ibu MA Primaningrum M,  S. Psi., M.Psi Psikolog ( Dosen Progdi BK)
Trimakasih untuk Pak Joko dan Bu Ema,  ilmunya sangat bermanfaat bagi seluruh anggota Bem FIP . Acara dari Raker dan Up Grading yang terakhir adalah upacara penutupan. Upacara penutupan di tutup oleh Irgi Ahmad Fahrozi ( Wakil Presiden Bem U Upgris 2018/2019 ) . Dengan ditutupnya acara berakhirlah sudah acara Raker dan Up Grading, trimakasih untuk pengalaman dan ilmunya semoga bermanfaat untuk semua .


[LKMM-TD]

Latihan Keterampilan Manajem Mahasiswa Tingkat Dasar Badan Esekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dengan tema "Menciptakan Pemimpin yang Berjiwa Pancasila" dilaksanakan pada tanggal 13-14 April 2019 , dilaksanakan di Gedung Pusat lantai 7 Universitas PGRI Semarang.
Acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar dibuka oleh wakil Dekan 1 yaitu Ibu Mei Fita Asri Untari, M.Pd. dan di hadiri oleh 3 lembaga tinggi mahasiswa, 3 hima prodi di lingkungan FIP dan 2 kelompok mahasiswa FIP. .
👥Pemateri LKMM-TD .
🗣 Mei Fita Asri Untari, M. Pd
(Sukses Organisasi Melalui Tertib Administrasi) .
🗣 Singgih Gunawan,S.Pd
(Pengendalian Motivasi) .
🗣 Drs. Sinoeng N. Rachmad, MM. (Mengoptimalkan Fungsi Kepemimpinan Agar Terwujud Kader yang Militan)
. 🗣 Satriyo Abdi Negoro, S.Pd.
(Manajemen Aksi) .
🗣 Muhammad Muzaki Assidiqi, S.Pd.
(Penjabaran Kepanitiaan) .
🗣 Siti Fitriana, S.Pd, M.Pd.
(Perumusan Gagasan Awal) 👇👇Tujuan kegiatan
Kegiatan “Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD)” ini diselenggarakan dengan tujuan :
1.            Memberikan pelatihan kepemimpinan kepada mahasiswa dilingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.
2.            Melatih kader-kader yang siap untuk berorganisasi denga baik dan mampu bersaing dengan tuntutan organisasi saat ini.
3.            Membentuk kepribadian yang terampil dan mandiri dengan berbagai nilai pendidikan yang disampaikan.
Semoga ilmu dan Pengalaman LKMM-TD bermanfaat untuk semua🙏🙏
Salam Mahasiswa!!!


 [ The Miracle of Multimedia]
Telah terlaksana kegiatan dari BEM FIP Upgris yaitu the Miracle of Multimedia dengan tema "Mengembangkan Kompetensi Calon Pendidik yang Kreatif Melalui Pelatihan Media Pembelajaran". Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu, 27 April 2019 di Lantai 5 Gedung Pascasarjana UPGRIS. Acara Pelatihan The Miracle of Multimedia dibuka oleh wakil Dekan 1 yaitu Ibu Mei Fita Asri Untari, M.Pd. dan di hadiri oleh 3 lembaga tinggi mahasiswa, 3 hima prodi di lingkungan FIP dan 2 kelompok mahasiswa FIP. The Miracle of Multimedia mendatangkan Pemateri dari BPMPK (Balai Pengembangan Multimedia dan Pendidikan Kebudayaan)  yaitu 🗣Adhi Tri Artanto, S.Kom & 🗣Nugroho Utomo, Amd.
Tujuan dari The Miracle of Multimedia adalah :
1. meningkatkan kemampuan calon guru dalam hal teknologi informatika
2. meningkatkan kemampuan teknologi di Era-milenial
3. Memberikan pengajaran peningkatan calon guru yang efektif dan efisien untuk komputerisasi
4. Memberikan layanan pendidikan komputer yang memenuhi standart kualitas pendidikan nasional.
Salam Mahasiswa!!
Salam Aksara!!


[ Peduli Meja Belajar Indonesia ]
PMBI atau Peduli Meja Belajar Indonesia 2019 yang bertemakan "Bersatu Berkarya Menuju Masa Depan Gemilang" merupakan salah satu kegiatan BEM Fakultas Ilmu Pendidikan yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mengajar yang didapat dari kelas saat kuliah dan mahasiswa dapat menerapkan secara langsung apa yang didapatkan diperkuliahan kepada masyarakat
Kegiatan ini dilaksakan pada 23 Maret - 12 Mei 2019 di Yayasan Al-Hikmah Tanah Mas dan Komunitas Harapan Johar.
Semoga ilmu dan Pengalaman PMBI bermanfaat untuk semua🙏🙏
Salam Mahasiswa!!!


 [GERAKAN FIP SEHAT]
Telah terlaksana kegiatan dari BEM FIP Upgris yaitu Gerakan FIP Sehat, Kegiatan yang dilaksanakan pada hari jumat, 17 Mei 2019 di Lapangan Hijau Kampus IV UPGRIS.
Acara Gerakan FIP Sehat dibuka oleh MPO dari Bem FIP UPGRIS saudara Irgi Ahmad Fahrozi dan di hadiri oleh 3 lembaga tinggi mahasiswa, 3 hima prodi di lingkungan FIP dan 2 kelompok mahasiswa FIP. .
Tujuan dari Gerakan FIP Sehat adalah :
1. Meningkatkan upaya hidup sehat dengan senam dan fun games
2. Mempererat tali silaturahmi antar lemawa dilingkungan FIP
3. sebagai wadah para aktivis FIP untuk istirahat sejenak dari berbagai aktivitas organisasi
Salam Mahasiswa!!

 [ FORUM FIP BERAKSI ]
Dengan tema "Saatnya Mahasiswa Berbicara"
Yang dibuka oleh Dekan FIP Ibu Muniroh Munawar, S. Pi., M. Pd dan dihadiri oleh Wakil Dekan I fip Ibu Mei Fita Asri Untari, S. Pd., M. Pd dan Wakil Dekan II FIP ibu Siti Fitriana, S. Pd., M. Pd. Kons. Serta 3 Hima Prodi dilingkungan FIP. .
Mahasiswa dilabeli dengan sebutan “Maha” di depannya sebab merekalah yang diharapkan tak hanya punya kepandaian, tapi juga mengantungi idealisme yang bisa diandalkan. Salah satu tanda idealisme yang kuat adalah ketika mahasiswa mau bicara menyampaikan aspirasi, mengutarakan apa yang mereka pikirkan — demi memperjuangkan kepentingan banyak orang.
Salam Mahasiswa!!!


 [ STUDI SERAPAN ]
Studi Serapan Bem Fip 2019 adalah diUniversitas Sebelas Maret , tema dari studi serapan adalah “Mewujudkan Organisasi yang Berkualitas dan Mampu Bersosialisi”
Adapun Tujuan Studi Serapan :
1. Menjalin kerjasama dan relasi yg baik antara UPGRIS dan kampus lain
2. Menjalin komunikasi yg aktif dan efektif serta baik antara UPGRIS dan kampus lain
3. Menambah informasi, pengetahuan, budaya, prestasi akademik maupun non akademik kampus
4. Diskusi santai dalam rangka memperoleh pengetahuan dalam bidang pendidikan
kata yang pantas kami ucapkan kepada @bemfkipuns yaitu “TERIMA KASIH”. Terimakasih atas semua ilmunya, atas semua jamuannya, atas semua persahabatan dan persaudaraan kita saat ini.
Salam Mahasiswa!!!

 [ FIP MEMBINA ]
Fip Membina adalah program kerja dari Bem Fip tepatnya dari Departemen Aksel, kegiatan ini berupa kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan Forum OSIS Kendal, IPPNU, IPNU, dan Karang Taruna Desa Sendang Kulon Kendal.  Kegiatan ini bertemakan “Mengabdi dan Mensejahterakan Masyarakat Lokal”. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tepatnya pada tanggal 7,8 September 2019 di Dk Pening, Desa Sendangkulon, Kec Kangkung, Kab Kendal .
Semoga dengan kegiatan ini bem fip Upgris dapat memberi ilmu dan manfaat bagi banyak orang .
Aamiin
Salam Mahasiswa!!!


 [ POEMA FIP 2019 ]
Pekan Orientasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan 2019 (POEMA FIP 2019) merupakan kegiatan Pengenalan Kampus dan Ormawa Lemawa yang ada di Universitas PGRI Semarang.
Dilaksanakan pada hari Senin 16 September 2019, pukul 07.00 - 17.00 WIB di Balairung Universitas PGRI Semarang.
Tujuan dari POEMA adalah :
1⃣Memperkenalkan Mahasiswa Baru terhadap kehidupan kampus di Universitas PGRI Semarang.
2⃣Memperkenalkan Organisasi yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Salam Mahasiswa!!

 [ GERAMI ]
GERAMI merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh mahasiswa bertujuan untuk membantu anak yatim piatu dan kaum dhuafa. Alhamdulillah, kegiatan GERAMI (Gerakan Mahasiswa Cinta Anak Yatim) bersama adik-adik di Panti Asuhan Rumah Tahfidz Salsabil terlaksana dengan lancar. Sabtu, 12 Oktober 2019 kemarin. . Kami ucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Baru 2019 Fakultas Ilmu Pendidikan UPGRIS yang telah memberikan bantuan donasi kepada anak yatim🙏
Terima kasih juga kepada anggota BEM FIP Universitas PGRI Semarang yang telah membatu menyukseskan kegiatan GERAMI ini baik dengan harta, tenaga dan pikiran.
Semoga Allah membalas kebaikan kita semua
Meskipun tidak seberapa donasi yg dibagikan, Semoga membawa berkah, bermanfaat dan kebahagiaan yang terpancar dari adik-adik disana. Harta kita yang Hakiki adalah Harta yang kita Belanjakan dijalan ALLAH SWT.. Semoga menjadi Ladang Amal Jariyah, InsyaAllah dengan Menyantuni Anak Yatim, Kita akan bersama Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam di Surga Kelak. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Komentar