WAJAH DIBALIK PENGURUS HARIAN BEM FIP 2022/2023

 

PENGURUS HARIAN



    Pengurus harian merupakan pengurus yang bertanggung jawab atas operasional sehari-hari suatu organisasi atau perusahaan. Mereka mengawasi tugas-tugas rutin, membuat keputusan sehari-hari, dan menjalankan aktivitas yang mendukung tujuan organisasi secara langsung. Dalam kepengurusan BEM FIP periode 2022/2023, terdapat 8 anggota pengurus harian yang dijabarkan sebagai berikut : 

 


Sendy Pamungkas 
sebagai
Ketua Umum BEM FIP 2022/2023

    Bersamaan kalimat motivasi "Sluman, Slumun, dan Slamet”, Sendy Pamungkas  menjalankan Tugasnya sebagai Ketua Umum BEM FIP periode 2022/2023 dengan  selalu memperhatikan apa saja yang harus di persiapkan dalam menjalankan kegiatan apapun selama keberlangsungan satu periode. Adapun Tugas pokok fungsi yang menjadi kewajibannya, yaitu : 

1. Mempimpin Organisasi, menjadi pemimpin eksekutif dalam organisasi, mengkoordinasi kegiatan dan memastikan tujuan organisasi tercapai.

2. Mengarahkan program dan kebijakan, menetapkan program kerja dan kebijakan yang mendukung kepentingan mahasiswa FIP dalam bidang pendidikan.

3. Perwakilan mahasiswa, bertindak sebagai perwakilan mahasiswa FIP dalam berbagai forum internal dan eksternal, menyuarakan kepentingan mahasiswa FIP.

4. Koordinasi dengan pihak internal dan eksternal, berinteraksi dengan pihak fakultas, universitas, dan pihak eksternal untuk mengadvokasi kepentingan mahasiswa.

5. Menginspirasi dan menggerakkan. menginspirasi anggota BEM FIP dan mahasiswa lainnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan dan advokasi yang dilakukan BEM FIP.




Alsa Kusuma Putri
sebagai 
Wakil Ketua Umum BEM FIP 2022/2023


    “Bersama-sama adalah awal, menjaga kebersamaan adalah kemajuan, danbekerja sama adalah kesuksesan.”, begitulah kalimat motivasi yang menjadi bekal Alsa untuk menjalankan kepengurusan BEM FIP 2022/2023 selama satu periode. Dengan tugas pokok dan fungsi yang menjadi kewajibannya, yaitu : 

1. Mewakili ketua umum BEM FIP apabila ketua berhalangan.
 
2. Mendampingi, mengawasi dan berperan dalam kegiatan BEM FIP.

3. Memiliki kebijakan yang sama dengan ketua BEM FIP jika ketua berhalangan hadir.

4. Mengkoordinasi dan membantu menyelesaikan masalah internal organisasi serta pendekatan dengan semua pengurus BEM FIP.

5. Mengoptimalkan kinerja seluruh pengurus BEM FIP dalam memfungsingkan tiap-tiap departemen sehingga terciptanya sinergisitas antardepartemen dan PH.






     Sayla Nafilatul Maula                Rachel Tiara Maharani                  Charisatur Rochah
                 sebagai                                            sebagai                                           sebagai
        Sekretaris Umum I                        Sekretaris Umum II                      Sekretaris Umum III


    Menjalankan pengadministrasian BEM FIP 2022/2023 selama satu periode tidaklah mudah, sesuai dengan kalimat motivasi para sekretaris umum, “Walaupun terasa tidak mudah, tapi semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk melewatinya.”, mereka kami selalu berusaha melakukan yang terbaik dan menyadari bahwa kepungurusan periode ini, masih banyak kekurangan. Namun, mereka berpegang teguh bahwa kekurangan bukanlah suatu penghalang, akan tetapi merupakan sesuatu yang dapat mereka evaluasi dan sebagai cerminan agar lebih baik untuk kepengurusan selanjutnya. Adapun beberapa program kerja yang dijalankan oleh Sekretaris Umum BEM FIP, yaitu :

1. Tata Tertib Kesekretariatan 
    a) Inventaris kesekretariatan 
        Kegiatan ini merupakan pendataan inventaris barang-barang kepemilikan Badan Eksekutif                    Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Kegiatan ini terlaksana 3 (Tiga) kali selama satu periode.            yaitu pada : 
        - Rabu, 18 Januari 2023. Bertempat di : Basecamp BEM FIP.
        - Sabtu, 17 Juni 2023. Bertempat di : Basecamp BEM FIP.
        - Kamis, 30 November 2023. Bertempat di : Basecamp BEM FIP.

    b) Pengelolaan peminjaman inventaris 
        Kegiatan ini merupakan pengelolaan Peminjaman alat atau barang milik Badan Eksekutif                        Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan periode 2022/2023. Kegiatan ini terlaksana pada satu                    periode kepengurusan dan bertempat di basecamp BEM FIP.

    c) Pengarsipan Surat 
        Kegiatan ini merupakan pendataan dan pengarsipan surat masuk dan surat keluar selama periode            2022/2023. Kegiatan ini terlaksana selama satu periode kepengurusan dan bertempat di basecamp         BEM FIP

    d) Pembuatan kalender kegiatan 
         Kegiatan pembuatan kalender kegiatan melibatkan serangkaian langkah untuk merencanakan dan          menetapkan acara-acara yang akan diadakan dalam satu periode. Tujuan utama dari kegiatan                 pembuatan kalender adalah memberikan panduan yang jelas kepada komunitas terkait mengenai             jadwal acara yang akan terjadi, sehingga memudahkan mahasiswa FIP untuk berpartisipasi dan             terlibat dalam kegiatan yang relevan. Kegiatan ini terlaksana pada satu periode kepengurusan dan           bertempat di basecamp BEM FIP. 

    e) Dokumentasi Kegiatan 
         Dokumentasi kegiatan adalah proses pengumpulan, pengabadan, dan penyimpanan informasi                 terkait suatu kegiatan atau acara. Ini melibatkan pendataan sebelum acara (presensi atau                        semacamnya), pengambilan gambar dan video saat acara berlangsung, penyusunan catatan atau             notulensi, lalu terakhir penyimpanan dan distribusi. Kegiatan ini terlaksana pada satu periode                 kepengurusan dan bertempat di Google Drive BEM FIP. 


2) Pembuatan ID Card 
        Kegiatan ini merupakan pembuatan Id card pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu        Pendidikan. Dengan anggaran dana sebesar Rp. 1.075.000, kegiatan ini terlaksana pada Minggu, 26       Februari 2023 di Luwesidcardsmg.

3) Pembuatan struktur organisasi 
        Kegiatan ini merupakan pembuatan struktur organisasi kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa     Fakultas Ilmu Pendidikan 2022/2023 yang terlaksana pada Minggu, 15 Januari 2023 di Basecamp        BEM FIP.

4) Pengadaan piket basecamp 
        Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan, menjaga dan merapikan basecamp Badan Eksekutif         Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang terlaksana selama satu periode kepengurusan. 

5) Pengadaan Rapat 
    a) Rapat kerja 
            Kegiatan ini merupakan Rapat yang membahas tentang pembuatan program kerja yang akan            dilaksanakan selama satu periode, biasanya pelaksanaan kegiatan ini pada awal kepengurusan.

    b) Rapat pengurus harian 
        Kegiatan ini merupakan Rapat yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu bulan guna                    membahas program kerja ataupun kendala pada program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa                    Fakultas Ilmu Pendidikan.

    c) Rapat harian terbatas 
        Kegiatan ini merupakan Rapat yang membahas kembali tentang program kerja/ agenda yang akan         dilaksanakan oleh departemen Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan

    d) Rapat besar 
        Kegiatan ini merupakan Rapat besar / seluruh pengurus yang membahas program kerja ataupun            kendala pada program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan

    e) Rapat pleno 
        Kegiatan ini merupakan Rapat program kerja selama setengah periode Badan Eksekutif                        Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan

6) Pengadaan Sertifikat Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan                    2022/2023
    Kegiatan ini merupakan pembuatan sertifikat sebagai ucapan terima kasih dan kenang-kenangan            telah menyelesaikan tugas dalam kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. 

    

Komentar